Hati-hati terhadap kesalahan voltase & amper power adapter (Charger)berakibat fatal


Beberapa Laptop manufacture merancang power adapter untuk productnya memang harus menggunakan power adapter dari merknya sendiri(original),dengan kestabilan voltase dan amper. Kesalahan penggunaan power adapter compatible atau universal dapat merusak component laptop. Merk yang sering ditemukan mengalami kerusakan battery bahkan broken power system(mati) adalah Dell,Compaq(terutama CQ series),Lenovo.

Bagi anda yang menggunakan Laptop bermerk tersebut diatas hendaklah berhati-hati(selektif) apabila hendak mengganti power adapter anda yang telah rusak.Langkah yang paling baik yaitu menjaga power adapter bawaan(original) tetap dalam keadaan baik.
Tips untuk merawat adapter ialah dengan tidak menggunakan adapter secara terus-menerus.apabila indicator pengisian pada battery anda menandakan penuh sebaiknya segera melepaskan adapter jack anda pada laptop dan memutuskan arus listrik pada stop kontak.jangan sesekali membiarkan adapter anda terpasang seharian bahkan berhari-hari.hal ini dapat menyebabkan adaptor over heating dan memperpendek umur power adapter.
Banyak pula dari pengguna laptop melepaskan batterynya pada saat penggunaan dirumah atau pada saat tidak mobil, selain melakukan penggunaan adapter,kebiasaan ini juga merusak sel battery yang jarang digunakan(sifat litium battrery jika sudah pernah dipakai kemudian lama tidak dipakai dapat merusak liteum battre tersebut) beberapa contoh umum sifat battery adalah battery kering yang umum digunakan untuk lampu senter,apabila pernah digunakan,kemudian disimpan dalam waktu 1 bulan akan menyebabkan battery tersebut berair/rusak.sama halnya dengan accu kering ataupun basah,seperti contoh diatas akan beraibat sama pula.intinya ,pergunakanlah baterry dan adapter sebagaimana fungsinya..selain memperlambat kerusakan pada adapter, anda juga membuat sirkulasi power masuk dan keluar dari battery yang memperpanjang umur battery itu sendiri.....................................

Pada saat anda membeli laptop perhatikanlah Voltase dan amper yang digunakan laptop tersebut memang sesui dengan voltase dan amper pada laptop.atau pada saat mencari/membeli adapter baru telitilah output adapter tersebut sebelum membeli.
Perbedaan voltase antara laptop dan adapter yang digunakan berakibat fatal pada laptop anda,sedangkan perbedaan amper antara laptop dan adapter dapat berakibat fatal pada battery laptop anda,walaupun tidak bereaksi seketika,tapi anda bersiaplah untuk menanti kerusakan fatal itu terjadi pda laptop anda.


Pastikan Voltase dan amper charger/adapter Laptop sama dengan unitnya....kelebihan maupun kekurangan voltase dapat merusak power modul Laptop,kelebihan atau kekurangan amper dapat merusak battery laptop......
Bagaimana pengalaman anda ?????

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Saya punya laptop vaio dengan adapter output 19.5V/3.9A. Adapter tersebut sudah rusak terus saya ganti yg baru katanya yg 19.5V/3.9A sudah ga ada. Terus saya pakai yg 19.5V/4.7A. Sebaiknya bagaimana? Mohon bantuannya?

deKloning mengatakan...

pemakaian adapter yg kelebihan power amper dapat mempercepat pengisian,juga mengurangi kekuatan simpan pada lithium battery.sebaiknya melakukan pengisian pada saat laptop dimatikan .apabila dalam keadaan hidup pengisian dihentikan pada posisi 90% dan diisi kembali tidak kurang pada posisi 10%..unyuk amannya sebaiknya dicarikan adapter yg sesuai dengan kebutuhan laptopnya

Yan's Computer mengatakan...

gmna mas kalau pemakian battery yang lebih kecil dari apa yang tertulis di belakang laptop...apa resikonya ..trims sebelumnya...

deKloning mengatakan...

untuk charger volltase yg lebih kecil dr laptopnya bisa melemahkan ic quad power pd mainboard..amper yg lebih kecil melambatkan pengisian battery dn melemahkan litium battery..sebaiknya voltase dan ampre disesuaikan pak.

Poskan Komentar

Silahkan keluarkan uneg-uneg, terus kita bahas bersama

 
@Trik Laptop 2010 Partner

[tutup]