Perpanjang umur netbook dengan mengenali karakternya

Hari ini netbook benar-benar membanjiri Pasar Indonesia,dilengkapi dengan fitur terlengkap,bentuk pisik yang menarik dan efisien ditambah lagi dengan harga yang relative murah membuat netbook atau miniature notebook ini merajai dipasaran……..
Seiring berjalannya waktu dan banyaknya pengguna netbook ,ditemukan begitu banyak permasalahan yang terjadi pada netbook,seperti….Lead power menyala tapi tidak loading….vga failure..power failure..
Dalam sesi ini kita akan menganalisa permasalahan diatas, penyebab dan cara mencegah sedini mungkin terhadap masalah yang sering timbul.bukan berarti kita merasa ditakutkan dan langsung mempunyai image yang buruk terhadap netbook ini.tapi dengan mengenali karakternya kita dituntut untuk menyesuaikan kemampuan hardware netbook dengan penggunaannya.

Sebelumnya ada baiknya kita jabarkan specifikasi motherboard(circuit utama)pengatur i.o interface dan device yang ada pada netbook yang dirancang untuk memiliki semua fitur interface dengan hanya menggunakan hardware yang minimalis.bahkan system prosesor dan vga chip terintegrasi dengan motherboard(onboard).dengan kata lain prosesor dan vga chip tidak independen.begitu juga dengan beberapa chip yang lain,satu chip digunakan untuk dua device atau lebih yang mengakibatkan hardware hanya mampu berfungsi maksimal apabila fitur digunakan bergantian.
Contoh : chips sound realtek digunakan bersama dengan modem,bahkan dibagi tiga dengan realtek Ethernet lan.
System power juga sangat sederhana,tanpa menggunakan Power modul netbook menggunakan ic power suplay(quad power)yang mana satu ic digunakan untuk pembagian 4(empat)output power yang berbeda.sehingga kekuatan dan ketahanan ic sangatlah rentan terhadap gejolak voltase yang tidak beraturan……
Intinya kita harus menyadari bahwa dengan hanya memiliki hardware yang minim sebaikya netbook diperlakukan sesuai dengn kemampuannya.Permasalahan yang sering ditemukan pada netbook adalah masalah vga failure,ini terjadi akibat penggunaan applicasi yang menggunakan permintaan graphic yang tinggi(force hardwre)seperti :game yang menuntut spesifikasi graphic yang tinggi,graphic applicasi.atau memaksakan resolusi monitor yang tinggi.
Berhati-hatilah bila ingin menambahkan applicasi program/update program,ada baiknya membaca specification requirement sebelum melakukan penginstalan.
Pemakaian yang terus menerus tanpa memperhatikan temperature/suhu dapat menjadi salah satu penyebab vga failure ataupun terganggunya system processing yang disebabkan oleh minimal cooler system pada netbook.seringnya frekwensi panas yang tinggi dapat merusak komponen yang berada disekitar cooler system.kebanyakan yang diserang adalah processor(bebasis intel atom)vga dan ic epromer.
Penggunaan keyboard protector mempunyai efek negative terhadap fentilasi udara diselah-selah keyboard yang membantu system sirkulsi.Apalagi penggunaan netbook yang tidak dikeluarkan dari softcasenya.membuat seluruh system fentilasi terganggu akibatnya netbook akan cepat panas.padahal dengan hardware yang minimalis seharusnya kita menambah membantu system cooler nya.
Penggunaan fitur bersamaan dapat menggangu kestabilan interface dan i.o controller.contoh : menggunakan semua usb port yang ada secara bersamaan.menggunakan fitur multimedia terus menerus dan membuka applicasi secara bersamaan juga dapat menyebabkan permasalahan pada acces control yang lama kelamaan akan merusak hardware komponen yang menunjang.
Penggunaan voltase dan amper yang salah menjadi sumber power failure terbanyak dalam kasus kasus yang ditemukan.
Sayangnya Netbook motherboard dirancang dengan circuit yang sangat tipis dengan chips dan komponen yang di sharing menyulitkan untuk diperbaiki.(mungkin product ini sengaja dibuat seperti ini oleh pabriknya agar tidak bisa diperbaiki lagi).
Semoga dengan mengenal netbook hardware akan membantu kita semua untuk memperpanjang umur netbook kita dan berterimakasih kepada ilmuan dan produsen yang mengeluarkan produk yang sangat terjangkau ini sehingga seluruh bangsa ini tidak lagi asing terhadap teknologi dan informasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan keluarkan uneg-uneg, terus kita bahas bersama

 
@Trik Laptop 2010 Partner

[tutup]